SMA Negeri 1 Nganjuk

Jl. Kapt. Kasihin HS No. 4 Cangkringan Nganjuk

BerSatu, BerMutu, Nomor Satu

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) 2017 SMA NEGERI 1 NGANJUK

Senin, 05 Juni 2017 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 4393 Kali

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) SMA NEGERI 1 NGANJUK

TAHUN PELAJARAN 2017/2018

CABANG DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR WILAYAH KABUPATEN NGANJUK

 

I. KETENTUAN UMUM PENDAFTARAN

 

  1. Calon Peserta  Didik  baru  harus  mempertimbangkan  jarak  tempat  tinggal  dengan sekolah tujuan; 
  1. Calon Peserta  Didik  hanya  diizinkan  mendaftar  sekali,  dan  setelah  terdaftar  tidak dapat mencabut kembali, untuk setiap jalur pendaftarannya; 
  1. Calon Peserta Didik hanya dapat memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan saja yaitu SMA atau  SMK; 
  1. Calon Peserta Didik yang di terima di sekolah tujuan, wajib mentaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, termasuk ketentuan peraturan sekolah yang berlaku dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan kemudian, oleh masing-masing sekolah; 
  1. Calon Peserta Didik yang telah di terima (lulus seleksi) wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran yang asli sesuai jadwal yang ditentukan; 
  1. Apabila Calon Peserta Didik yang di terima tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang di tentukan, calon Peserta Didik tersebut dinyatakan mengundurkan diri; 
  1. Bagi yang sudah diterima di salah satu jalur tidak dapat mendaftar di jalur yang lain; 
  1. Kartu Keluarga (KK) yang digunakan untuk syarat kelengkapan pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 januari 2016; 
  1. 9. Penerimaan  Peserta   Didik   Baru   dengan   sistem   online   di lingkungan   Dinas Pendidikan  Provinsi    Jawa Timur untuk     tahun pelajaran 2017/2018 pada SMA/ SMK/ PKLK tidak dipungut biaya; 
  1. 10. Untuk penentuan  hasil  offline  dilakukan  penetapan  oleh  TIM  Verifikator  sekolah SMA/ SMK/ PKLK   Negeri diketahui Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Nganjuk.

 

II. PERSYARATAN PESERTA

     a. Sekolah Menengah Atas (SMA) 

  1. Telah lulus SMP, SMP Terbuka dan MTs, memiliki Ijazah dan STL/ STK atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah (disertai nilai ujian nasional) untuk lulusan pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya; 
  1. Program Paket B memiliki Ijazah dan STL Program Paket B setara SMP lulus pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya; 
  1. Berusia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018 (Tanggal 17 Juli 2017) 
  1. Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana, narkoba,, bertato dan bertind

  

III. MEKANISME JALUR PENDAFTARAN

       1. Jalur OFFLINE 

  1. Jalur prestasi (pagu jalur prestasi paling banyak 5% dari pagu awal di setiap sekolah yang terdiri dari jalur prestasi akademis dan non-akademis).

         1)   Ketentuan Umum 

a. Calon  Peserta   Didik   Jalur   ini   diperuntukkan   bagi   peserta   didik   yang mempunyai prestasi  akademis dan non akademis;

b. Prestasi yang diakui dan diperhitungkan adalah prestasi dari kejuaraan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau Lembaga yang diakui dan yang bekerjasama dengan pemerintah, bersifat berjenjang mulai tingkat Kabupaten/ Kota, Provinsi samapai dengan Nasional Taua Internasional;

         2)   Persyaratan Administrasi 

a. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia; 

b. Menyerahkan  fotocopy    SHUN    atau    Surat    Keterangan    Kelulusan    yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya; 

c. Menyerahkan Piagam/  Sertifikat  asli  dilengkapi  dokumentasi  (foto)  sesuai dengan prestasi yang dimiliki di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat Kabupaten/ Kota; 

d. Menyerahkan surat keterangan berprestasi dari sekolah; 

e. Kejuaraan beregu maksimal diikuti 3 orang peserta; 

f. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang diakui oleh Pemerintah RI

        3)   Pembobotan piagam/sertifikasi kejuaraan:

 

NO

Tingkat

Juara

Beregu

Perorangan

 

 

1

 

 

Kabupaten

III

7.5

12.5

II

10

15

I

12.5

17.5

 

 

2

 

 

Provinsi

III

15

20

II

17.5

22.5

I

20

25

 

 

3

 

 

Nasional

III

22.5

27.5

II

25

30

I

27.5

32.5

 

 

4

 

 

Internasional

III

30

35

II

32.5

37.5

I

35

40

Catatan : Rentang nilai pada NUN = 0 s.d 100

 

         4)   Perangkingan dan Seleksi 

Untuk  perangkingan  dan  seleksi  Jalur  Prestasi  yaitu  dengan  menggabungkan jumlah UN ditamabah dengan pembobotan nilai prestasi satu piagam/ sertifikat akademis/ non- akademis yang tertinggi.

 

 b. Jalur  Mitra  Warga  (pagu  jalur  Mitra  Warga  paling  banyak  5%  dari  pagu  awal  di  setiap sekolah, di mana calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan nilai UN).

    1) Ketentuan Umum

  1. Calon Peserta Didik Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang miskin;
  2. Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah SMA yang dituju dan yang berdekatan dengan tempat tinggalnya;
  3. Calon peserta didik melakukan pendaftaran di sekolah yang dituju dengan membawa persyarat 

    2) Persyaratan Administrasi

        Untuk peserta pendaftaran Jalur Mitra Warga menyerahkan :

  1. Fotocopy SHUN dan menunjukkan aslinya dan menyerahkan Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal;
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa;
  3. Fatocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Jamkesmas/Kartu Gakin;
  4. Fotocopy Kartu Keluarga. 

    3) Sekolah wajib melakukan survey pada calon peserta didik. 

c. Jalur Bidikmisi Pendidikan Menengah (pagu jalur Bidikmisi paling banyak 3% dari pagu awal di setiap sekolah, di mana calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan nilai UN).

   1) Ketentuan Umum

a. Jalur Bidikmisi ini diperuntukkan bagi peserta didik yang miskin dan memiliki prestasi akademik;

b. Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggalnya;

c. Calon Peserta Didik yang mempunyai prestasi dibuktikan dari nilai UN (Ujian Nasional);

d. Jalur Bidikmisi akan diseleksi berdasarkan nilai UN dengan nilai rata-rata 8,5 (delapan koma lima) dan tidak ada nilai dibawah 7,0 (tujuh koma nol) untuk setiap mapelnya;

e. Peserta Didik  setelah  diterima  akan  dilakukan  survey  ke  tempat  tinggal  oleh  Panitia Sekolah.

   2) Persyaratan Administrasi

       Untuk peserta pendaftaran Jalur Bidik Misi Pendidikan Menengah menyerahkan :

  1. Fatocopy SHUN dan menunjukkan aslinya dan menyerahkan Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal;
  2. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa;
  3. Fotocopy Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Kartu Jamkesmas/Kartu Gakin;
  4. Fatocopy Kartu Keluarga.

 

   3) Jadwal pelaksanaan OFFLINE

 

No

Kegiatan

Tanggal

Waktu

Lokasi

 

1

 

Pendaftaran

 

12 – 14 Juni 2017

 

Pkl. 08.00 – 14.00 WIB

 

SMAN 1 Nganjuk

 

2

Verifikasi dan

Validasi

14 – 15 Juni 2017

 

 

Tim SMAN 1 Nganjuk

 

3

 

Pengesahan

 

16 Juni 2017

 

Pkl. 08.00 – 14.00 WIB

Cabang Dinas

Pendidikan

 

4

 

Pengumuman

 

17 Juni 2017

 

Pkl. 08.00 WIB

 

SMAN 1 Nganjuk

5

 

Daftar ulang

17 dan 19 Juni 2017

 

Pkl. 08.00 – 14.00 WIB

 

SMAN 1 Nganjuk

 

 2. Jalur ONLINE

     a. Kriteria seleksi jalur Reguler

a. Pendaftaran dilakukan  secara  mandiri  atau  di  salah  satu  sekolah  penyelenggara,  melalui portal http://ppdb.dindik.jatimprov.go.id  http://ppdbjatim.net

b. Dasar seleksi berdasarkan total Nilai Ujian Nasional (UN);

c. Apabila jumlah total nilai sama, kriteria berdasarkan : Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Waktu Pendaftaran

     b. Pemilihan sekolah tujuan SMA

1. Calon peserta didik mendapatkan PIN/token yang diperoleh dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Nganjuk sesuai dengan jadwal yang ditentukan atau melalui sekolah terdekat dengan peserta didik

2. Calon peserta didik melakukan pendaftaran di laman :

- http://ppdb.dindik.jatimprov.go.id

-  http://ppdbjatim.net

3. Calon peserta didik memilih 2 (dua) sekolah sebagai sekolah tujuan dari 3 (tiga) alternatif yang tersedia sebagai berikut :

1)    Pilihan pertama pada sekolah di dalam zona (sekolah terdekat dengan domisili/KK) dan pilihan kedua sekolah lain di dalam zona. 

2)    Pilihan pertama pada sekolah di dalam zona (sekolah terdekat dengan domisili/KK) dan pilihan kedua sekolah di luar zona. 

3)     Pilihan pertama pada sekolah di luar zona dan pilihan kedua pada sekolah di dalam zona (sekolah terdekat dengan domisili).

4. Calon peserta didik hanya diizinkan mendaftar sekali, dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya.

 

c. Jadwal pelaksanaan ONLINE

 

 

No

 

Kegiatan

 

Tanggal

 

Jam

Keterangan

 

Tempat

1

Pengambilan PIN / Token

05 – 22 Juni 2017

08.00 - 14.00

WIB

SMA Negeri terdekat dengan rumah pendaftar

2

Simulasi   PPDB

Online

05 – 22 Juni  2017

24 Jam

Internet Online

3

Pendaftaran Jalur

reguler (Online)

03 – 06 Juli  2017

24 Jam

Internet Online

4

Penutupan

Pendaftaran Online

Jalur Reguler

06 JuIi  2017

24.00 WIB

Internet Online

5

Pengumuman hasil

PPDB

Jalur reguler

07 Juli  2017

00.30 WIB

Internet Online

6

Daftar Ulang

07 – 08 Juli  2017

08.00 - 15.30

WIB

SMA Negeri 1

Nganjuk

 

 

 

 

7

Hari  pertama masuk

sekolah

17 JuIi  2017

 

SMA Negeri 1

Nganjuk

 

 IV. PAGU CALON PESERTA DIDIK

  1. Pagu calon peserta didik baru, Kartu Keluarga (KK) dari luar provinsi Jawa Timur paling banyak  1 % (satu persen) sesuai dengan hasil perangkingan
  2. Pagu calon peserta didik baru SMA lintas Kabupaten/Kota se Provinsi Jawa Timur paling banyak 10 % (sepuluh persen) terdiri dari :

a. Pagu calon  peserta  didik  baru  dengan  KK  luar  Kab./Kota  dari  SMP/MTs  luar Kab/Kota paling banyak 5 % (lima persen) sesuai hasil perankingan.

b. Pagu calon  peserta  diddik  baru  dengan  KK  luar  Kab./Kota  dari  SMP/MTs  dalam Kab/Kota paling banyak 5 % (lima persen) sesuai hasil peranakingan.

  1. Pagu untuk jalur  prestasi paling banyak 5% (lima persen)  dari  pagu awal    di  setiap sekolah yang terdiri dari jalur prestasi akademis dan non akad
  2. Pagu untuk jalur  Bidikmisi paling banyak  3%  (tiga persen)  dari pagu awal  di setiap skolah, dimana calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan nilai
  3. Pagu untuk jalur Mitra Warga paling banyak 5% (lima persen) dari pagu awal di setiap sekolah, dimana calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan nilai UN

 

JUMLAH PAGU DAN ROMBONGAN BELAJAR SMA NEGERI 1 NGANJUK

 

No

Sekolah

Jumlah Pagu

Jumlah Rombel

1.

SMA Negeri  1 Nganjuk

320

10

 

  1. V. ZONA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KABUPATEN NGANJUK

 

ZONA

NAMA  SEKOLAH

KETERANGAN

 

 

 

I

1.  SMAN 1 PATIANROWO

2.  SMAN 1 KERTOSONO

3.  SMAN 1 NGRONGGOT

Kecamatan Jatikalen Kecamatan Lengkong Kecamatan Patianrowo Kecamatan Kertosono Kecamatan Ngronggot

 

 

II

1.  SMAN 1 PRAMBON

2.  SMAN 1 TANJUNGANOM

3.  SMAN 1 SUKOMORO

Kecamatan Baron

Kecamatan Tanjunganom

Kecamatan Sukomoro

Kecamatan Prambon

 

 

III

1.  SMAN 1 NGANJUK

2.  SMAN 2 NGANJUK

3.  SMAN 3 NGANJUK

Kecamatan Wilangan

Kecamatan Bagor

Kecamatan Nganjuk

 

 

IV

1.  SMAN 1 GONDANG

2.  SMAN 1 REJOSO

Kecamatan Ngluyu

Kecamatan Gondang

Kecamatan Rejoso

 

 

 

V

1.  SMAN 1 LOCERET

2.  SMAN 1 BERBEK

3.  SMAN 1 PACE

Kecamatan Sawahan

Kecamatan Ngetos

Kecamatan Loceret Kecamatan Berbek Kecamatan Pace

 

 

 

 

 

 

 

Panitia PPDB 2017

SMA Negeri 1 Nganjuk

 

Informasi diatas bisa diunduh disini

KOMENTAR

rumadi - Sabtu, 17 Juni 2017

mohon penjelasan secara rinci sistim pilihan sekolah terkait dengan dua pilihan sekolah misal pilihan pertama smasa dan pilihan kedua smaga apakah jika pilihan pertama tidak diterima apakah nantinya pilihan kedua otomatis diterma atau masih di seleksi/ada perankingan NUN mahon penjelasanya terima kasih

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Dr. RITA AMALISA

Assalamua’laikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua….         Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan…

Selengkapnya