SMA Negeri 1 Nganjuk

Jl. Kapt. Kasihin HS No. 4 Cangkringan Nganjuk

BerSatu, BerMutu, Nomor Satu

Sosialisasi Pemilihan Mata Pelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Nganjuk

Senin, 22 Mei 2023 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1879 Kali

 

 

NGANJUK, SMASA-NGANJUK.SCH.ID - Kurikulum Merdeka menyediakan ruang untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik secara optimal. Salah satunya dengan memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Dengan adanya keleluasan ini peserta didik diharapkan semakin terampil dalam mengoptimalkan potensi diri dan dapat bertanggung jawab pada pilihannya

Kegiatan sosialisasi pemilihan mata pelajaran SMA Negeri 1 Nganjuk dilaksanakan di aula Gajah Mada pada hari Senin, 14 Mei 2023. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah agar siswa kelas X yang naik ke kelas XI dapat memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat dan juga kemampuannya. Waka kurikulum, Ibu Siti Nur SOfiyati, S Pd dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat penting dilaksanakan sebagai bentuk upaya sekolah dalam memfasilitasi siswa agar paham tentang ketentuan pemilihan mata pelajaran. Pilihan mata pelajaran diharapkan dapat sesuai dengan karakteristik dan berdampak pada pengembangan potensi secara maksimal.

Prinsip Pemilihan Mata Pelajaran

Dalam melakukan pemilihan mata pelajaran, salah satu hal yang sangat penting dilakukan adalah memperhatikan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik. Satuan pendidikan dapat memfasilitasi peserta didik untuk melakukan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuannya.


Minat adalah ketertarikan pada suatu objek. Hurlock (2011) berpendapat bahwa minat merupakan sumber motivasi bagi individu untuk melakukan sesuatu. Dalam panduan ini, minat yang dimaksud adalah minat karier, yaitu minat peserta didik dalam merencanakan dan

menentukan berbagai alternatif karier serta aktivitas yang dapat mendukung pilihan kariernya. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberikan kesempatan untuk memilih mata pelajaran pilihan yang dapat mendukung rencana kariernya setelah SMA.

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki individu yang ditampilkan secara produktif, cepat dikuasai, dan tampil lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Pada kondisi tertentu, bakat merupakan keadaan awal seseorang yang mempengaruhi perkembangan selanjutnya (Snow,

1922). Bakat yang ditampilkan peserta didik dapat berupa kemampuan akademik maupun nonakademik. Dalam memahami bakat, peserta didik perlu banyak melakukan eksplorasi

dengan mencoba beragam aktivitas produktif, terutama yang berkaitan dengan minat kariernya. Peserta didik dapat mengeksplorasi bakat dimulai dengan mencoba aktivitas yang disukai dan menjadi kompeten.

Kemampuan adalah kapasitas seseorang untuk melakukan beragam tugas dalam suatu kegiatan atau pekerjaan. Kemampuan dapat terbagi dalam berbagai jenis, seperti kemampuan intelektual dan kemampuan fisik (Robbins & Judge, 2013).

 

Proses Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan

Bimbingan dalam Memilih Mata Pelajaran Pilihan

Dalam menentukan mata pelajaran pilihan peserta didik perlu mendapatkan bimbingan yang memadai agar mereka dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan aspirasi masa depan mereka. Ada beberapa cara dalam mendampingi peserta didik sebagai berikut.

Sosialisasi. Sosialisasi dilakukan untuk membangun pemahaman orang tua dan peserta didik atas pentingnya mengenali minat, bakat, dan kemampuan yang dapat mendukung rencana karier setelah SMA.
Pendampingan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan. Guru BK, guru mata pelajaran, dan wali kelas secara bersinergi melakukan pendampingan eksplorasi minat, bakat
dan kemampuan peserta didik. Setelah mengetahui minat dan bakatnya, peserta didik dibimbing untuk membuat perencanaan kariernya. Satuan pendidikan dan pendidik dapat menggunakan beberapa metode yang ada dalam buku Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling.

Pendampingan pemilihan mata pelajaran pilihan. Peserta didik mendapatkan berbagai pendampingan melalui berbagai layanan karier sebagai proses eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan sehingga memiliki kemantapan dalam memilih mata pelajaran pilihan.
Setelah penetapan. Setelah penetapan pemilihan mata pelajaran pilihan, peserta didik mendapatkan berbagai pendampingan agar dapat menguatkan pilihannya sesuai dengan rencana karier setelah SMA.

 

  1. TULISAN TERKAIT
...

Drs. SUGIYONO, M.Si

Assalamua’laikum Wr. Wb. Salam sejahtera bagi kita semua….         Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan…

Selengkapnya

KATEGORI